Friday, September 20, 2024

www.www.SportCorner.id - Untuk kali pertama dalam 17 tahun terakhir, timnas Indonesia dan Malaysia akan berpartisipasi di Piala Asia secara bersamaan.

Setelah sama-sama menjadi tuan rumah untuk edisi 2007 silam, di Piala Asia 2023 baik Tim Garuda maupun Harimau Malaya lolos ke putaran final via jalur kualifikasi.

Meski sangat kecil kemungkinan kedua tim dengan sejarah rivalitas panjang ini akan bersua di Qatar nanti, namun percik persaingan tetaplah menyala.

Salah satu yang jadi topik pembicaraan panas di kalangan fans Indonesia dan Malaysia adalah siapa yang nanti bisa melaju paling jauh.

Timnas Indonesia dan Malaysia sama-sama berstatus non-unggulan dengan hanya menghuni Pot 4 untuk pengundian fase grup karena rendahnya peringkat FIFA kedua negara.

Baca juga: Diantar Tangis Haru Keluarga, Maarten Paes Siap Bela Timnas Indonesia!

Merah-Putih jadi negara 'terlemah' dengan peringkat 148 sementara sang rival berdiri 11 anak tangga lebih tinggi.

Maka dari itu tidak menjadi lumbung gol saja bagi peserta-peserta lain sudah menjadi prestasi oke bagi Indonesia dan Malaysia di Piala Asia 2023.

Untuk bisa meraih target tersebut, tim harus punya kesiapan untuk bermain away setiap waktu karena tidak seperti di 2007 dimana status tuan rumah mereka miliki kini semua laga dimainkan di Qatar.