Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menyanggah pernyataan Pep Guardiola terkait rasisme di La Liga.

Guardiola sebelumnya mengomentari rasisme yang menimpa pemain Real Madrid Vinicius Junior kala melawan Valencia di pertandingan La Liga.

Manajer Man City itu mengaku tidak terlalu optimistis rasisme di La Liga bisa diatasi. Menurutnya rasisme di mana-mana, termasuk di Spanyol.

"Untuk semua generasi di mana pun. Nenek moyang kita berasal dari para migran, perang, diktator dan harus berpindah negara. Membangun keluarga di sana dan kembali ke tempat Anda dilahirkan."

"Masalahnya adalah ada rasisme di mana-mana. Bukan hanya untuk gender, tetapi juga untuk warna kulit. Percaya bahwa bahasa kita lebih baik dari bahasa yang lain, negara kita lebih baik dari negara yang lain. Kita harus menerima keragaman seperti manusia, namun saat ini, kita masih jauh dari hal tersebut. Semoga kami bisa menjadi lebih baik di Spanyol, tetapi saya tidak optimis."

Namun, pernyataan Guardiola itu dibantah oleh Xavi dan menyebut persoalan rasisme bisa diatasi dengan membenahi pendidikan di Spanyol.

"Saya tidak setuju dengan Pep. Saya setuju dengannya hampir di semua hal, tapi tidak dalam hal ini," ujar Xavi dikutip Football Espana.

"Ini masalah pendidikan. Jika kita tetap seperti ini, kita tidak akan mengalami peningkatan. Penghinaan adalah sesuatu yang tidak normal. Ini urusan negara, federasi, pemerintahan, dan La Liga," tegas mantan pemain Barcelona tersebut.