Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Netizen murka setelah insiden bendera Indonesia terbalik di upacara pembukaan atau pre show opening ceremony SEA Games 2023 di Kamboja, Jumat 5 Mei 2023.

Tidak sedikit dari netizen yang menilai insiden bendera Indonesia terbalik itu sebagai sesuatu yang disengaja oleh panitia SEA Games 2023.

Salah satu tujuannya adalah untuk menaikkan atensi dan eksposur SEA Games 2023 dari netizen Indonesia yang terkenal sangat aktif dan militan.

Momen bendera Indonesia terbalik terjadi ketika penyanyi lokal Kamboja sedang tampil diiringi oleh para penari yang membawa 11 bendera negara peserta SEA Games 2023.

Namun, dari kesebelas bendera tersebut, hanya bendera Indonesia yang terpasang terbalik seperti bendera Polandia.

Kejadian itu langsung mendapatkan respon negatif dari masyarakat Indonesia dan tidak sedikit dari mereka yang melayangkan protes keras di media sosial.

Netizen menilai bahwa insiden bendera terbalik itu sebagai sebuah kesengajaan. Pasalnya terdapat dua bendera Indonesia yang dipasang terbalik.

"Dua bendera loh kebalik, gak mungkin kalo gak sengaja," tulis salah satu netizen.

"Panpel SEA Games 2023 tingkat agustusan! Dah lagunya ngang ngeng ngong ngang ngengong, bendera Indonesia distolen pula! Dasar kembang kuburan," protes keras dari netizen lainnya.

"Udah bertetangga puluhan tahun, satu komunitas ASEAN sejak 1967, lha kok masih saja terbalik pasang bendera Indonesia. Kamboja kamu tetangga yang kebangetan," tulis netizen lainnya.