Sunday, September 29, 2024

www.SportCorner.id - Selama bertahun-tahun, Yamaha terus mengandalkan mesin in-line-four di ajang balap MotoGP. Setelah Suzuki keluar pada 2022, Yamaha menjadi satu-satunya produsen yang tersisa dengan konfigurasi mesin 4 silinder segaris ini.

Setelah beredar rumor terkait mesin V4 Yamaha, baru-baru ini, Yamaha Motor Racing Managing Director Lin Jarvis membenarkan bahwa pihaknya telah mengembangkan mesin V4 yang dirancang khusus untuk MotoGP.

“Ketika Suzuki masih ada, ada dua produsen yang menggunakan mesin in-line-four, dan jelas, ada pesaing lain yang menggunakan V. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat banyak perkembangan teknis dalam olahraga ini, dan tentu saja, Suzuki keluar, sehingga kami menjadi satu-satunya produsen yang tersisa dengan in-line-four," papar Jarvis.

Baca juga: Kenapa Motor Ducati tidak Memiliki Redline?

“Dalam pandangan kami, in-line-four masih punya banyak potensi untuk dikembangkan dan ditingkatkan. Namun, saat semua pesaing Anda menggunakan V4 dan melihat ke arah regulasi baru 2027, penting bagi kami untuk sepenuhnya memahami potensi V4 dibandingkan dengan in-line-four,” sambungnya.