Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - FIFA resmi mengumumkan Piala Dunia Antarklub 2023 akan digelar di kota Jeddah, Arab Saudi pada 12 dan 22 Desember mendatang.

FIFA juga menegaskan bahwa turnamen akan digelar di dua stadion, yaitu Stadion Raja Abdullah Sport City dan Stadion Pangeran Abdullah Al Faisal.

“Kami senang bahwa Jeddah, dengan fasilitas canggih dan reputasinya sebagai tuan rumah acara olahraga internasional besar, telah dipilih sebagai kota tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA," kata Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) Yasser Al Misehal dilansir dari Reuters pada Senin, 26 Juni 2023.

Penyelenggaraan turnamen ini masih menggunakan format lama yang diikuti tujuh tim peserta, berbeda dengan edisi 2025 nantinya yang akan diikuti oleh 32 tim.

Enam tim yang dipastikan sudah lolos adalah juara Liga Champions CAF Al Ahly (Mesir), tuan rumah yang mewakili AFC Al Ittihad (Arab Saudi), juara Liga Champions OFC Auckland City (Selandia Baru), juara Liga Champions CONCACAF Club Leon (Meksiko), juara Liga Champions UEFA Manchester City (Inggris), juara Liga Champions AFC Urawa Red Diamonds (Jepang), dan juara Copa Libertadores 2023 yang kompetisinya masih berlangsung.

Sebagai informasi, Arab Saudi memang kerap menyelenggarakan pertandingan penting dalam beberapa tahun terakhir, seperti Piala Super Spanyol yang telah dimainkan di Jeddah sejak 2019.

Bahkan, Arab Saudi sudah tiga kali menjadi tempat pertandingan Supercoppa Italiana yang berlangsung di Jeddah pada 2018 serta 2019 dan 2022 di Riyadh.