Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Dugaan kecurangan kembali terjadi di gelaran SEA Games 2023. Kali ini menimpa timnas esports Valorant Indonesia yang dicurangi Singapura di partai final, Kamis 11 Mei 2023.

Timnas Indonesia menemukan bukti adanya kecurangan yang dilakukan oleh tim Singapura menggunakan bug camera agent cypher di Map Split.

Mengetahui hal itu, Indonesia segera menyampaikan keberatan dan meminta wasit mengambil tindakan terkait aksi kecurangan yang dilakukan Singapura.

Namun, wasit tidak segera menghentikan pertandingan dengan alasan ketidaktahuan mengenai penggunaan bug tersebut. Pertandingan baru dihentikan pada ronde 14.

PB ESI telah melakukan protes keras kepada pihak-pihak terkait dan mengimbau semua pihak untuk menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, fair play, dan integritas demi kehormatan bangsa dan negara Indonesia.

Setelah melalui dialog dan diplomasi panjang dengan pihak penyelenggara cabor esports SEA Games 2023 Kamboja, diputuskan Indonesia dan Singapura berbagi medali emas.

Sekjen PB ESI, Frengky Ong, membenarkan bahwa timnas Indonesia dan Singapura menjadi juara bersama. Namun, pihak PB ESI tetap teguh dalam menolak segala bentuk tindakan yang merusak sportivitas dalam kompetisi olahraga.

“Kami menerima keputusan emas bersama ini dengan mempertimbangkan komitmen kami dalam menghormati nilai-nilai persaudaraan antarbangsa yang dijunjung tinggi oleh SEA Games," ujar Frengky dalam keterangan tertulis.