Tuesday, September 17, 2024

www.SportCorner.id - Atlet esports Indonesia, Kevin Gunawan, mengungkapkan kebingungannya setelah mendapatkan pengalaman yang tidak biasa di SEA Games 2023 Kamboja.

Setelah mendapatkan perlakuan yang tidak adil, tim esports Indonesia tiba-tiba diputuskan mendapatkan medali emas di nomor game valorant.

Keputusan medali emas itu keluar setelah tim esports Indonesia melakukan protes dan banding menyusul adanya dugaan kecurangan yang terjadi di babak final lawan Singapura.

"Sebenarnya saya juga bingung sih. Soalnya kan kita merasa kayak walk out, terus jadi silver terus tiba-tiba jadi emas," ungkap Kevin seperti dikutip dari Antara.

Kevin mengungkapkan bahwa persoalan bug ada dalam game yang dimainkan. Namun, ia menegaskan bahwa tim Indonesia berupaya mengikuti aturan.

"Kalau dari mereka bilangnya sih di kompetisi mereka memang enggak ada peraturan untuk hal itu. Tapi kalau kita kan sudah tanya dulu dari awal, dan kata adminnya mereka bilang kalau itu enggak boleh," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa telah terjadi dugaan kecurangan yang dilakukan tim Singapura karena kedapatan menggunakan bug camera cypher di map split.

Kevin menyatakan dirinya yang menemukan bug yang menguntungkan tim Singapura tersebut. Tim Indonesia kemudian mengajukan keberatan, tapi wasit tidak menghentikan pertandingan.

Saat itu, tim Indonesia memutuskan tidak melanjutkan pertandingan atau walk out karena panitia pelaksana tidak mampu memenuhi sportivitas, fair play, dan integritas.