Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Kurniawan Dwi Yulianto mengungkap pengorbanannya yang lebih memilih sepakbola dibandingkan menjadi TNI.

Hal itu diungkap oleh Kurniawan dalam Podcast Sport Corner pada Kamis, 17 Agustus 2023 lalu.

Legenda sepak bola Indonesia itu menjelaskan bahwa dirinya lebih menerima kesempatan melanjutkan pendidikannya di Diklat Salatiga dibandingkan dengan SMA Taruna Nusantara Magelang.

“Waktu SMP salah satu pengorbanan saya. SMP kelas tiga itu ketika saya mau masuk SMA sebenarnya di Magelang itu ada dibuka SMA Taruna Nusantara batch pertama,” kata Kurniawan.

Saat itu, ia diberikan kesempatan masuk ke SMA Taruna Nusantara lantaran dirinya termasuk kelompok tiga besar di sekolahnya.

Sementara itu, ia juga mendapatkan panggilan untuk lanjut ke Diklat Salatiga, di mana sekolah tersebut merupakan suatu 'pabrik' pesepak bola top Indonesia.

 

“Tapi ketika saya kelas tiga SMP itu, saya dapat panggilan nih ke Diklat Salatiga dan saya dipanggil oleh Kepala Sekolah,” kata pria berusia 47 tahun itu.

“Beliau bilang, Kurniawan ini kamu dapat panggilan di Salatiga, kalau menurut saya nggak usah ambil tapi kamu masuk SMA Taruna, kamu salah satu yang diproyeksikan masuk SMA Taruna,” tambahnya.

“Salah satu pengorbanan terbesar saya adalah mengambil pilihan yang di Diklat Salatiga,” jelasnya.

Kurniawan menjelaskan bahwa sang Kepala Sekolah memberikan gambaran jika dirinya memilih masuk ke SMA Taruna, maka setelah lulus ia bisa menjadi tentara.