Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Kasus doping dalam sepakbola kembali mencuat. Kali ini gelandang Juventus, Paul Pogba yang terkena kasus doping.

Pogba diketahui positif menggunakan testosteron, sebuah zat terlarang yang dapat menambah daya tahan tubuh. Pogba gagal tes doping setelah pertandingan perdana Serie A musim 2023-2024 antara Juventus vs Udinese.

Pogba pun terancam larangan bermain sepakbola dua hingga empat tahun. Tidak hanya itu saja, Juventus juga telah mengeluarkan ancaman.

Bianconeri menganggap doping adalah kasus serius. Juventus pun tidak segan-segan memutus kontrak Pogba jika terbukti bersalah dalam kasus doping ini.

Kasus pemain sepakbola yang terkena doping tidak hanya Pogba saja. Bahkan ada beberapa nama yang terkenal juga terjerat doping.

Berikut pesepakbola ternama yang terjerat doping:

- Diego Maradona

Maradona terkena kasus doping saat membela Timnas Argentina di Piala Dunia 1994. Usai pertandingan Argentina vs Nigeria, Maradona diminta untuk melakukan tes doping.

Hasilnya Maradona terbukti mengkonsumsi efedrin. Obat tersebut bias mengatasi masalah pernafasan sekaligus meningkatkan performa dan kinerja.

Obat tersebut juga membantu menurunkan berat badan, masalah yang dialami Maradona saat itu. Setelah terbukti Maradona pun angkat koper lebih cepat di Piala Dunia 1994 dan dihukum 15 bulan larangan bermain sepakbola.

Maradona meninggal pada 25 November 2020. Prestasi terbaiknya adalah meraih gelar Piala Dunia 1986.