Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya buka suara soal rencana upacara pembukaan Piala Dunia U-17. PSSI menyebutkan upacara pembukaan Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada, 10 November 2023.

Sebelumnya PSSI sempat menyatakan, rencana upacara pembukaan Piala Dunia U-17 tersebut berlangsung di Jakarta International Stadium.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, alasan pemindahan tempat upacara pembukaan adalah lebih kepada pemerataan jumlah penonton.

"FIFA baru mengumumkan tempat pembukaan dan tentu timnas berada. Tentu itu mekanismenya kepada pembaguan daripada pertandingan yang lebih seimbang. Sehingga bisa menciptakan target pentonton," kata Erick Thohir saat konferensi pers dengan Kapolri, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Selasa, 19 September 2023.

"Bahwa kami memang ada target dari FIFA kurang lebih 10 ribu sampai 18 ribu penonton untuk setiap pertandingan. Dan itulah kenapa PSSI dan FIFA mendiskusikan dari pada pembagian dari hasil undian. Karena kalau hasil undian kami tidak bisa mengatur. Dari hasil undian kemarin Indonesia mendapat grup baik, tapi tidak ringan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini.

Dari hasil undian pasukan asuhan Bima Sakti Tukiman ini berada di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko. Menurut Erick Thohir, daya dongkrak penonton timnas menjadi hal yang penting untuk pemerataan penjuakan tiket Piala Dunia U-17.