Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Pembangunan pemusatan latihan atau training center di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dimulai. Berapa dana yang dihabiskan?

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo hadir dalam groundbreaking national training center (TC) di IKN, Jumat 22 September 2023.

Pembangunan TC ini menjadi babak baru sepak bola Indonesia. Semua ini bisa tercapai berkat kepercayaan Presiden Jokowi dan komitmen FIFA mentransformasi sepak bola Indonesia.

"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick.

Untuk pembangunan TC ini, FIFA memberikan dana bantuan senilai 85,6 miliar Rupiah. Di fase pertama, akan dibangun dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, juga ruang ganti.

"Ini pertama kali sebagai FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteru BUMN.

TC yang dibangun di IKN luasnya mencapai 34,5 hektar. Selain dana bantuan dari FIFA, pembangunan TC juga didukung KemenPUPR serta dana pembebasan lahan senilai 90 miliar Rupiah via APBN.

Di pembangunan fase dua, akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

Erick mengatakan pembangunan TC yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan. Erick menyampaikan percepatan target pembangunan TC tersebut telah mendapat persetujuan dari Jokowi.