www.SportCorner.id - Beberapa dekade lalu, posisi tangan pada lingkar kemudi yang ideal adalah jam 11 lewat 5 menit (11-1) yang mengacu pada angka pada jam dinding. Artinya tangan kanan berada pada angka 11, sementara tangan kanan pada posisi angka 1.
Seiring waktu, para instruktur safety riding di dunia mengoreksi konsep posisi tangan yang ideal tersebut menjadi pukul 10 lewat 10 menit lalu berubah lagi menjadi jam 9 lewat 15 menit, yaitu tangan kiri di posisi angka 9 dan tangan kanan di posisi angka 3.
Pertimbangan tersebut dipicu oleh keberadaan fitur airbag yang terdapat di seluruh roda kemudi mobil-mobil modern dengan tujuan untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi tabrakan frontal.
Pada saat airbag mengembang ketika benturan terjadi, dengan posisi tangan 10:10 dan 9:15 jauh lebih aman. Pasalnya, kedua tangan akan terhempas ke bagian sisi, sementara kepala akan terhempas ke depan dan tertahan oleh air bag.