Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Seorang wanita asal Somalia menjadi sorotan di media sosial. Hal ini dikarenakan ia mengikuti sebuah lomba lari yang mewakili Somalia.

Wanita tersebut diduga bukan seorang atlet. Apalagi saat ia berlari di World University Games, menyelesikan 100 meter dengan catatan waktu 22 detik.

Nasro Abubakar Ali adalah nama dari wanita tersebut. Chengdu FISU World University Games menjadi kontroversi karena Nasro tersebut.

Saat itu ia mengikuti babak ketiga nomor 100 meter dengan mengenakan baju berwarna biru, memakai hijab. Menurut penonton tidak seharusnya wanita tersebut mengikuti balapan lari tersebut.

"Kementerian Pemuda dan Olahraga harus mundur. Sungguh menyedihkan menyaksikan pemerintah yang tidak kompeten seperti itu. Bagaimana mereka bisa memilih seorang gadis yang tidak terlatih untuk mewakili Somalia dalam berlari? Ini benar-benar mengejutkan dan berdampak buruk pada negara kami secara internasional," tulis Elham Garrad.

Dalam perlombaan tersebut, pelari dari Brasil, Gabriela Silva Mourao finis dengan posisi tercepat. Ia mencatatkan waktu 11,58 detik.

Elham Garaad juga memposting bagaimana Presiden Federasi Atletik Somalia, Dr Khadija Adan Dahir memberikan ucapan selamat kepada Nasro.

Namun dalam siaran pers Asosiasi Universitas Persatuan Somalia, menyatakan bahwa mereka tidak menunjuk perwakilan untuk berkompetisi di China.