Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Tim balap Honda (HRC) berhasil menjuarai ajang balapan Suzuka 8 Hours 2023 di Suzuka, Jepang, Senin 7 Agustus 2023.

Keberhasilan tersebut sekaligus mempertahankan gelar yang telah diraih Honda pada ajang balapan ketahanan tersebut.

Honda diperkuat oleh Xavi Vierge bersama mantan pembalap Moto2 Takumi Takahashi dan Tetsuta Nagashima.

Ini merupakan debut Xavi Vierge dalam ajang Suzuka 8 Hours. Meski baru pertama kali, ia berhasil meraih hasil manis dengan keluar sebagai juara.

"Bisa membalap di Suzuka 8 Hours adalah pengalaman terbaik. Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti ajang ini, tapi saya memiliki rekan tim terbaik, dan berlajar banyak dari sini," kata Vierge.

Pembalap WSBK itu melontarkan pujian untuk dua rekan setimnya, Takahashi dan Nagashima. Menurutnya keduanya telah melakukan balapan yang luar biasa.

"Saya mengendarai dengan hati-hati, karena saya tidak bisa gagal. Takumi dan Tetsuta sama-sama menjalani tugas yang sulit di tengah hujan," jelasnya.

"Saya juga berterima kasih atas dukungan tim. Saya dengan senang hati akan kembali ke Suzuka sebanyak yang saya bisa untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa ini lagi," kata Vierge menambahkan.

Kemenangan Honda tersebut sekaligus menjadikan Takahashi sebagai pembalap tersukses dalam sejarah ajang ketahanan itu.

Takahashi tercatat meraih kemenangan sebanyak lima kali, yakni pada 2010, 2013, 2014, 2022, dan 2023. Tahun ini menjadi kemenangan kedua secara beruntun.