Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id -  Plank adalah salah satu metode latihan memiliki banyak manfaat. Jika anda pelari atau mulai berolahraga lari, jangan sampai skip atau melewatkan memulai latihan plank.

Merujuk pada runnersworld, plank adalah latihan yang penting untuk mengembangkan kekuatan otot inti atau core tubuh.

Bagi pelari, latihan plank bermanfaat untuk menampilkan postur tubuh yang lebih baik. Faktor ini penting karena gaya yang dihasilkan kaki saat berlari semuanya ditransfer ke tubuh.

’’Plank bermanfaat bagi efisiensi dan performa lari dengan meningkatkan kapasitas otot,’’ sebut Graeme Woodward, pelatih UK Athletics Level 3, pelatih S&C terakreditasi UKSCA.

Plank akan melatih kekuatan core seperti perut, pinggul, punggung bawah. Dengan otot inti yang kuat, maka anda akan bisa menahan beban tubuh lebih optimal saat berlari. Apalagi, jika anda berlari jarah jauh atau long run.

Baca juga: [Ini Dia Manfaat Cross Training Bagi para Pelari]

Latihan plank, juga tidak membutuhkan biaya mahal atau harus menggunakan alat yang rumit. Sebagai bantuan, hanya dibutuhkan alas seperti matras ataupun karpet untuk melakukan latihan plank.

Hal itu tentu memudahkan bagi siapapun yang ingin memulai latihan plank untuk memperkuat core tubuh. Anda juga bisa melakukan latihan plank di rumah anda.