Saturday, September 14, 2024

www.SportCorner.id - Kelompok lanjut usia atau lansia membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan. Simak beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan para lansia, terutama di rentang 60 tahun keatas.

Ada berbagai olahraga bisa jadi pilihan para lansia. Aktivitas itu perlu dilakukan untuk menjaga kondisi fisik mereka tetap prima, membantu daya tahan dan fleksibilitas. 

Dalam banyak kasus, olahraga bagi lansia juga meningkatkan kehidupan sosial mereka.

Mengutip dari Senior Life Style Mag, berikut olahraga yang cocok dilakukan para lansia:

  • Pingpong

Pingpong atau tenis meja dapat dinikmati di segala usia, bahkan jika lansia tersebut dalam kondisi disabilitas atau berada di panti jompo. Olahraga tenis meja mampu merangsang otak dan mendorong pemikiran cepat sekaligus meningkatkan koordinasi tangan dan mata. 

Pingpong memiliki resiko rendah dan bisa membuat lansia diatas 60 tahun tetap bugar dan fleksibel. Bermain pingpong dapat meningkatkan kelincahan, fleksibilitas, kekuatan kaki, lengan, dan inti tanpa membebani sendi mereka secara berlebihan.

Baca Juga: [Manfaat-Lari-Fisik-Sehat-Otak-Cerdas-dan-Jadi-Awet-Muda]

  • Dart

Dart atau permainan melempar busur adalah olahraga lansia yang populer. Dart dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata karena melibatkan akurasi dan presisi yang tinggi.