Sunday, July 07, 2024

www.SportCorner.id - Aktivitas olahraga yang sering dijadikan latihan fisik oleh semua kalangan adalah lari, jogging, dan jalan cepat.

Ketiga olahraga tersebut dilakukan sebagai metode latihan fisik yang bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Persamaan dari olahraga lari, jogging, dan jalan cepat adalah jenis latihan aerobik yang melatih daya tahan organ jantung dan paru-paru.

Sebagai jenis olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, ketiganya memiliki perbedaan efektifitas.

Melansir dari Detik Health, ketiga olahraga tersebut dikategorikan sebagai aktivitas yang berbeda karena memiliki persyaratan yang berbeda.

Baca Juga: [Lebih Baik Lari di Pagi atau Sore Hari Agar Performa Tubuh Meningkat?]

Pertama, aktivitas jalan cepat menjadi kategori olahraga yang cocok dilakukan oleh semua kalangan usia karena tidak memerlukan peralatan khusus dalam melakukannya.

Jalan cepat menjadi olahraga yang efektif bagi orang lanjut usia yang mmeiliki intensitas pergerakan lebih rendah daripada lari atau jogging.

Kendati begitu, jalan cepat akan lebih bermanfaat bagi orang memiliki kelebihan berat badan karena dapat membantu mengurangi lemak otot area sendi.

Perbedaan jalan cepat dengan berjalan biasa adalah kegunaannya yang bertujuan untuk mengembangkan kecepatan atlet sekaligus membakar kalori.