Wednesday, October 16, 2024

www.SportCorner.id - Ide elektrifikasi sepertinya mulai merambah ke segmen pikap lewat kehadiran Toyota Hilux mild-hybrid yang ditawarkan di beberapa negara dan rencana peluncuran Ford Ranger versi plug-in hybrid.

Bahkan kabarnya, Isuzu tengah siap meluncurkan dua jenis D-Max elektrifikasi. Yang pertama adalah D-Max Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) atau kendaraan listrik mild-hybrid. Yang kedua adalah versi Battery Electric Vehicle (BEV).

Rencananya Isuzu akan lebih dahulu meluncurkan D-Max MHEV, ketimbang versi full electric-nya. Uniknya, Isuzu D-Max MHEV tetap mengandalkan mesin diesel pada mesin hybrid-nya.

Seperti diketahui, mesin diesel memiliki torsi besar serta performa yang baik pada putaran rendah. Sementara alasan penggunaan hybrid pada mesin bensin itu karena untuk menyiasati kelemahan mesin bensin pada putaran rendah.

Baca juga: Isuzu Rayakan Setengah Abad Kehadirannya di Indonesia

Contohnya adalah Suzuki yang tidak lagi melanjutkan model Ertiga Diesel Hybrid-nya karena penambahan motor listrik pada mesin diesel, menghasilkan manfaat yang tidak sebesar jika dipasangkan dengan mesin bensin.