Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Biasanya orang akan minum air putih setelah olahraga. Tapi, ada minuman lain yang bisa dikonsumsi selain air putih.

Air putih memang lebih baik dikonsumsi setelah olahraga. Apalagi air putih tidak mengandung gula. Tapi, terkadang ada rasa bosan dan ingin mengonsumsi minuman berbeda.

Ada banyak macam minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Fungsi minum tentunya memenuhi cairan tubuh yang terkuras setelah aktivitas fisik.

Tapi, minum disarankan tak hanya setelah olahraga. Minum bisa dilakukan sebelum, selama, dan sesudah olahraga.

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga. Tetaplah minum sekitar 1/2-1 cangkir air selama berolahraga.

Nah, setelah olahraga, disarankan minum sekitar 2-3 cangkir air untuk setiap 0,5 kg berat badan yang hilang. Air putih bisa diganti dengan minuman olahraga yang bahan-bahannya baik apabila melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang berlangsung lebih dari 60 menit.

[Baca Juga: Apa Benar Habis Olahraga Nggak Boleh Makan?]

Minuman olahraga ini cukup efektif untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan memberikan sedikit energi bagi tubuh.

Jika tak suka minuman olahraga, bisa diganti dengan beberapa minuman berikut ini.

1. Air dengan perasan lemon
Air dengan perasan lemon atau lemon water mengandung vitamin C dan flavonoid. Keduanya memiliki efek antioksidan kuat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.