Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Menjemur pakaian di bawah paparan sinar matahari memang sangat efektif untuk menghilangkan bau apek dan membunuh kuman penyakit. Namun Menjemur helm setelah dicuci tidak dianjurkan karena beberapa alasan penting:

Kerusakan material

Meskipun saat dipakai kita tidak bisa menghindari paparan sinar matahari, bukan berarti itu tidak masalah bagi helm. Paparan sinar UV dari matahari dapat menggradasi kekuatan dan efektivitas helm.

Helm biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti polikarbonat, fiberglass, atau carbon fiber yang strukturnya dapat rusak jika terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Baca juga: Cara Mencuci Helm Biar Tetap Segar

Oleh karena itu, helm memiliki usia pakai yang kerap diabaikan. Maklum, di sini peggunaan helm umumnya untuk menghindari dari surat tilang polisi, alih-alih untuk keselamatan. Menurut laman WCL Helmets, usia pakai helm tidak lebih dari 5 tahun.

Mengubah bentuk

Helm memiliki lapisan pelindung dalam bentuk lapisan luar, liner, lubang ventilasi, penutup lubang ventilasi, visor, bahkan terkadang visor ganda. Semua komponen dibuat secara presisi agar mudah dioperasikan.