Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Kendaraan niaga seperti bus dan truk kerap mengalami pecah ban saat melaju di jalan tol. Kelebihan muatan serta kondisi ban yang buruk kerap menjadi penyebabnya.

Baru-baru ini, viral truk bak terbuka berisi ratusan ekor ayam mengalami kecelakaan tunggal akibat pecah ban yang membuatnya terguling dan melintang di tol Jombang - Mojokerto, KM 685 +500 A pada Sabtu (14/9).

Menurut National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni, pecah ban bukan hanya masalah teknis, tetapi juga merupakan isu keselamatan yang bisa berdampak luas.

Baca juga: Nolan Bagikan Tips Berkendara Memasuki Musim Hujan

"Karena ketika ban meledak di tengah perjalanan, risiko kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain meningkat secara signifikan," ujar Ahmad Juweni dalam keterangannya, Selasa (17/9).

Berikut beberapa langkah mengantisipasi pecah ban bagi kendaraan niaga di jalan tol dari produsen ban asal Korea Selatan Hankook Tire.

Sesuaikan beban muatan

Setiap ban memiliki batas spesifikasi untuk menopang beban maksimal. Muatan yang melebihi spesifikasi dapat meningkatkan risiko kerusakan hingga pecah ban. Pengguna dapat memeriksa indeks beban yang tertera pada dinding samping ban.