Tuesday, July 02, 2024

www.SportCorner.id - Istilah speed hiking dalam dunia petualangan seringkali disalahartikan sebagai mountain trail running.

Walau kedua istilah tersebut sekilas mirip, tapi masing-masing memiliki penjelasan yang berbeda. Yuk, kita bedah perbedaan speed hiking dan mountain trail running.

Sesuai arti katanya, speed hiking adalah kegiatan mendaki gunung dengan ritme langkah yang lebih cepat daripada kegiatan mendaki pada umumnya.

Faktor yang membuatnya lebih cepat terdapat pada bawaan perlengkapan yang praktis, sehingga meringankan pergerakan pendaki.

Adapun trail running merupakan aktivitas lari yang dilakukan di medan bebatuan dan berlumpur, biasanya berada di sekitar lereng gunung.

[Baca juga: Deretan Cedera yang Sering Dialami Pelari, Bagaimana Cara Mencegahnya?]

Berbeda dengan speed hiking yang merupakan aktivitas mendaki, trail running biasanya disebut juga sebagai lari lintas gunung.

Tujuan yang ingin dicapai juga berbeda, trail running memiliki misi untuk berlari secepat mungkin.

Sementara, speed hiking berfokus untuk mengatur kecepatan langkah pada pendakian agar lebih cepat dari berjalan dan lebih lambat dari berlari.

Pada trail running tidak memiliki aturan mengenai durasi perjalanan yang harus ditempuh, kecuali jika diadakan sebagai kompetisi.