Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Hyundai Motor Group (HMG) memulai langkah awal ke dalam sektor Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia dengan melakukan proof of concept (PoC) untuk Mobilitas Terintegrasi Darat-Udara di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur, pada Senin (29/7).

Melalui PoC ini, HMG memperkenalkan solusi mobilitas komprehensif yang mengintegrasikan platform Mobility-as-a-Service (MaaS) dirancang khusus untuk pasar Indonesia, bersama dengan kendaraan listrik dan AAM ramah lingkungan.

HMG juga berhasil menyelesaikan penerbangan perdana Optionally Piloted Personal Air Vehicle (OPPAV), sebuah demonstrator teknologi AAM yang dikembangkan bersama Korea Aerospace Research Institute (KARI). 

Baca juga: Mobil Listrik Mudah Diretas di Stasiun Pengisian DC Fastcharger

HMG memimpin pengembangan powertrain listrik pesawat berdasarkan keahlian elektrifikasi yang telah terbukti di sektor otomotif menggunakan teknologi Distributed Electric Propulsion, yang secara independen menggerakkan beberapa motor.

HMG memamerkan S-A2, generasi terbaru dari pesawat AAM. Pesawat ini pertama kali diperkenalkan di CES 2024. 'Taksi terbang' ini rencananya akan menjalani pengujian panjang di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda.